Pengalaman Daftar Google AdSense Sampai Diterima - Charis Fitriyanto

8 Sep 2018

Pengalaman Daftar Google AdSense Sampai Diterima

Pengalaman Daftar Google AdSense Sampai Diterima

Google AdSense merupakan salah satu media periklanan yang sering digunakan untuk menghasilkan uang. Jika ada pertanyaan dari mana blogger mendapatkan uang?, maka Google AdSense adalah jawaban yang tepat.

Jika Anda ikut grup Sekte Karungan atau grup bisnis online lainnya, Anda pasti sering melihat screenshoot earning dari Google AdSense yang menggiurkan. Dan tentu saja, screenshoot tersebut akan menggugah kita untuk berpartisipasi dalam program Google AdSense.

Untuk ikut serta dalam program Google AdSense, bisa dikatakan gampang-gampang susah. Anda perlu membuat blog dan mengisinya dengan artikel original. Setelah beberapa bulan, Anda bisa mengajukan permintaan untuk bergabung.

Pengalaman Daftar AdSense

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit pengalaman ketika mendaftar AdSense sampai diterima. Sebenarnya, saya sudah diterima AdSense sejak 30 Maret 2017. Jadi, artikel ini bisa dikatakan pengalaman jadul saat daftar AdSense.

Saya mulai terjun di dunia Blogging pada tahun 2014, saat itu masih menggunakan platform MyWapBlog. Setelah sekian lama, akhirnya saya memutuskan untuk pindah ke Blogger dengan tujuan gabung program AdSense.

Saya kenal AdSense melalui grup Blogger. Setelah itu belajar sendiri dengan memanfaatkan grup serta tutorial yang ada di Google. Dan alhamdulillah, usaha yang saya lakukan tidak sia-sia. Saya berhasil diterima Google AdSense dan mendapatkan gaji yang lumayan.

Baiklah, dalam pengalaman daftar AdSense ini, saya akan membagi menjadi 2 bagian. Yang pertama adalah pengalaman ditolak AdSense, dan yang kedua adalah pengalaman diterima AdSense. Silahkan dibaca, bagi yang mau membacanya. :D

Pengalaman Ditolak Google AdSense

Pengalaman Ditolak AdSense

Jika Anda pernah ditolak AdSense, pasti sudah tidak asing lagi dengan email diatas. Email penolakan memang menjadi momok menakutkan bagi para blogger. Gambar diatas merupakan surat penolakan pertama yang diberikan oleh Google.

Penolakan #1

Saya mendaftar AdSense pertama kali pada hari ulang tahun saya, tepatnya pada Kamis, 16 Februari 2017. Dan pada hari itu juga, Google memberikan surat penolakan yang menegaskan bahwa saya belum layak untuk menjadi publisher AdSense. Baiklah, saya bisa terima.

Penolakan #2

Pada tanggal 17 Februari 2017, saya mencoba mendaftarkan blog saya lagi. Setelah beberapa jam, ada email penolakan serupa yang masuk ke Inbox saya. Yaudah lah, saya pasrah saja.

Penolakan #3

Di hari berikutnya, tanggal 18 Februari 2017, saya mengajukan permohonan ulang ke Google. Pada hari itu, saya juga membuat 1 artikel agar blog terlihat aktif. Namun tetap saja, email penolakan yang saya dapatkan.

Penolakan #4, #5

Penolakan dengan alasan konten tidak memadai juga saya dapatkan pada tanggal 23 Februari 2017 dan 24 Februari 2017. Serasa kenyang banget dapat email penolakan dari Google. Apa tidak bosan ya Google mengirimkan email seperti itu. :D

Penolakan #6

Tanggal 28 Februari 2017, saya mengajukan permohonan ulang untuk menjadi publisher. Namun, sebelumnya saya sudah melakukan beberapa perbaikan pada konten artikel blog. Capek parah, saya mengedit lebih dari 100 artikel. Dan hasilnya, saya mendapatkan email dibawah ini.

Pengalaman Ditolak Google AdSense

Penolakan #7, #8, #9

Selama 3 hari berturut-turut, tepatnya pada tanggal 3 April 2017, 4 April 2017, dan 5 April 2017, saya mendaftar dan mendapat email penolakan pada hari itu juga. Untuk alasannya masih tetap sama dari awal, yaitu konten tidak memadai.

Ditolak Google AdSense

Kurang mantap gimana hayo, sudah 9x ditolak dengan alasan yang sama. Oh ya, selama penolakan itu, saya masih menggunakan domain blogspot.com alias belum TLD.

Penolakan #10

Saat mendaftar AdSense yang ke-10, blog saya sudah menggunakan domain TLD. Namun, saya tidak langsung mendaftarkannya ke AdSense, melainkan menggunakan YouTube. Setelah 3 jam mendaftar dengan YouTube, akhirnya akun saya diterima (akun Hosted).

Karena AdSense YouTube tidak bisa dipasang di blog, maka saya harus melakukan upgrade ke Non Hosted. Sudah 7 hari setelah upgrade, email AdSense tidak kunjung masuk, termasuk email penolakan. :D

Karena sudah tidak sabar menunggu, akhirnya saya batalkan akun AdSense Hosted tersebut pada tanggal 14 Maret 2017. Saya menganggap ini sebuah penolakan dari Google.

Pengalaman Diterima AdSense Non Hosted

Setelah kenyang dengan penolakan dari Google AdSense, saya mulai fokus memperbaiki blog saya. Waktu yang saya gunakan untuk perbaikan bisa dikatakan cukup lama, kira-kira sekitar 10 hari. Saat itu, saya hanya memperbaiki konten saja. Saya tidak membuat artikel sama sekali.

Pada tanggal 24 Maret 2017, Google AdSense mengadakan seminar streaming dan kebetulan saya ikut menonton. Dalam seminar tersebut ada kalimat seperti ini:

Bagi Anda yang memiliki situs dan ingin mendapatkan penghasilan, saya sarankan segera mendaftarkan situs Anda. Karena dalam 1 minggu ini, kami akan segera me-review situs yang didaftarkan.

Setelah itu, saya langsung mendaftarkan blog saya ke Google AdSense. Saya yakin kalau permohonan saya kali ini pasti diterima. Dan benar, setelah seminggu menunggu, saya mendapatkan email approve dari Google AdSense.

Pengalaman Diterima AdSense

Email tersebut masuk pada malam Jum'at (Kliwon), 30 Maret 2017 pukul 18:47, dan saya langsung membukanya pada pukul 18:48. Perasaan saya saat itu senang banget. Setelah 10x mengalami penolakan, akhirnya diterima juga.

Nah, itulah pengalaman saya saat mendaftar AdSense. Bagi Anda yang sampai saat ini belum diterima AdSense, terus semangat dan fokus membuat artikel original. Karena suatu saat nanti, pasti akan diterima dan merasakan hasilnya.

Oh ya, bagi Anda yang ingin mendaftarkan blognya ke Google AdSense, bisa melihat video dibawah ini. Dalam video tersebut, saya mendaftar AdSense dan diterima kurang dari 2 hari.

Charis Fitriyanto

Jika tulisan di blog ini jelek, mohon harap maklum ya. Saya bukan penulis, hanya sekadar bocah ingusan yang pengen bisa menulis.

Berlangganan artikel terbaru via email:

Belum Ada Komentar untuk "Pengalaman Daftar Google AdSense Sampai Diterima"

Komentari