Contoh Laporan Prakerin Lengkap dengan Pembahasan - Charis Fitriyanto

10 Sep 2018

Contoh Laporan Prakerin Lengkap dengan Pembahasan

Contoh Laporan Prakerin

Contoh Laporan Prakerin - Bagi teman-teman siswa SMK, pasti akan menjalani kegiatan yang namanya Prakerin atau Praktik Kerja Industri. Semua siswa wajib mengikuti kegiatan ini karena sudah merupakan ketentuan dari sekolah.

Prakerin merupakan sebuah kegiatan pelatihan yang dilakukan di sebuah tempat usaha atau dunia industri dengan tujuan meningkatkan kualitas siswa serta menguji keahlian para siswa. Prakerin juga sering disebut dengan PKL atau Praktik Kerja Lapangan.

Kegiatan prakerin akan sangat memengaruhi pekerjaan kita setelah lulus nanti. Karena memang, prakerin merupakan pelatihan kerja di tempat kerja yang sesungguhnya. Jadi, saat prakerin kita memang sudah seperti bekerja beneran.

Dengan adanya kegiatan prakerin yang dilaksanakan sekitar 3 bulan (berdasarkan pengalaman saya) ini, diharapkan para siswa benar-benar mendapatkan manfaat serta ilmu pengetahuan. Karena sudah pasti, semuanya akan berguna setelah lulus nanti.

Contoh Laporan Prakerin

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi contoh laporan prakerin yang pernah saya gunakan ketika masih duduk di bangku SMK. Artikel ini bisa teman-teman gunakan sebagai acuan ketika penyusunan laporan prakerin.

Tujuan saya membuat artikel ini tidak lain dan tidak bukan untuk memberikan sedikit referensi kepada teman-teman yang kesulitan. Karena saat saya menyusun laporan prakerin dulu, hal tersebut juga saya alami.

Oleh karena itu, harapan saya adalah artikel ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Contoh laporan yang akan saya bagikan adalah untuk jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Namun untuk jurusan lain, tetap bisa menggunakannya sebagai referensi.

Baiklah, langsung saja, berikut ini adalah contoh laporan prakerin yang semoga bisa dikatakan baik dan benar serta ampuh tanpa revisi. :D

Untuk memudahkan dalam menavigasi contoh laporan prakerin ini, silahkan gunakan daftar isi dibawah ini.


A. Contoh Sampul Laporan Prakerin


LAPORAN

PRAKTIK KERJA INDUSTRI

(PRAKERIN)

DI BOSS NOTEBOOK

contoh cover laporan prakerin

Disusun Oleh :

Nama:Charis Fitriyanto
NIS:9906
Kelas:XI TKJ B
Kompetensi Keahlian:Teknik Komputer Jaringan

SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM

Jln. Lap Jumoyo, Kec Salam, Magelang Telp/Fax (0293) 588315

Website : www.smkmuh1salam.sch.id

Email : admin@smkmuh1salam.sch.id

TAHUN PELAJARAN 2015/2016


B. Contoh Lembar Pengesahan Laporan Prakerin


LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

DI BOSS NOTEBOOK

Waktu Pelaksanaan

1 Februari 2016 s/d 30 April 2016


Disusun Oleh:

Nama : Charis Fitriyanto
NIS : 9906
Kelas : XI TKJ B
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer Jaringan

Laporan ini telah diperiksa dan disahkan oleh:
Pembimbing Prakerin Guru Pembimbing
M. Lukmanul Azzam Anike Nugraheni, S.Si
Salam, 1 Mei 2016

Mengetahui,

Kepala Sekolah




Drs. H. Suparno
NIP. 19**** ****** ***

C. Contoh Daftar Isi Laporan Prakerin


DAFTAR ISI

daftar isi laporan prakerin

Mohon maaf, daftar isi yang saya tampilkan berupa gambar. Karena jika langsung dituliskan melalui blog, maka tampilan akan berantakan.

D. Contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin


KATA PENGANTAR

     Puji syukur atas kehadirat Allah yang telah melancarkan kegiatan prakerin yang kami laksanakan di Boss Notebook. Tanpa campur tangan dari-Nya, mungkin kami belum bisa menyelesaikan kegiatan ini dengan lancar, dari awal sampai akhir.

     Selain itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan pelaksanaan kegiatan ini. Karena tanpa dukungan dari mereka juga, mungkin pula kami belum bisa menyelesaikan kegiatan prakerin ini. Adapun pihak-pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan ini, diantaranya:

  1. Drs. H. Suparno., selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Salam
  2. Riyadi, S.Kom., selaku Kepala Program Teknik Komputer dan Jaringan
  3. M. Lukmanul Azzam, selaku Pimpinan DU
  4. Anike Nugraheni, S.Si., selaku Pembimbing Prakerin
  5. Retno Wulandari, S.Pd., selaku Pembimbing Prakerin

     Kami sadar, masih banyak kekurangan dalam pelaksaan prakerin serta penyusunan laporan prakerin ini. Namun kami telah memberikan yang terbaik dalam melaksanakannya. Oleh karena itu, kami mohon kritik dan saran yang membangun agar lebih baik lagi kedepannya.

Pada daftar pihak diatas, yang benar berupa numbering (angka) ya. Tampilan pada blog saya memang saya buat bullet. Ingat, yang benar adalah numbering.

E. Contoh Pendahuluan Laporan Prakerin


BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

     Dalam upaya meningkatkan kualitas siswa guna menunjang kesuksesan dalam dunia usaha, Sekolah Menengah Kejuruan akan memberikan pembekalan yang matang melalui kegiatan prakerin. Dengan adanya kegiatan ini, siswa akan mendapatkan pengalaman sekaligus wawasan dalam dunia kerja.

1.2 Maksud dan Tujuan

     Kegiatan prakerin yang dilaksanakan siswa SMK merupakan program keahlian yang mempunyai maksud dan tujuan tertentu. Adapun maksud dan tujuan prakerin diantaranya:

  1. Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas. Yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, serta etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.
  2. Memperkokoh link and match antara SMK dan dunia kerja.
  3. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas.
  4. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.

1.3 Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Tempat Prakerin:Boss Notebook
Waktu Pelaksanaan:1 Februari 2016 s/d 30 April 2016

Pada daftar maksud dan tujuan prakerin diatas, yang benar berupa numbering (angka) ya. Tampilan pada blog saya memang saya buat bullet. Ingat, yang benar adalah numbering.

F. Contoh Profil Perusahaan Laporan Prakerin


BAB II PROFIL PERUSAHAAN

2.1 Sejarah Berdiri Perusahaan

     Boss Notebook merupakan salah satu tempat service laptop dan komputer yang berdiri pada tahun 1986. Dulu, perusahaan ini beralamat di Jl. Palagan Tentara Pelajar no.61 Yogyakarta. Namun, pada tahun 2015 pindah ke Jl. Monumen Yogya Kembali no.25 Yogyakarta.

2.2 Struktur Organisasi Perusahaan

     Boss Notebook merupakan perusahaan yang dikelola oleh perseorangan atau individu. Jadi, perusahaan ini berbeda dengan perusahaan lain yang memiliki struktur organisasi.

2.3 Bidang Usaha

     Boss Notebook merupakan perusahaan perseorangan yang bergerak di bidang service notebook, PC, jual accessories, serta menerima jual/beli notebook dan PC dalam keadaan hidup maupun mati.

G. Contoh Pembahasan Isi Laporan Prakerin


BAB III PEMBAHASAN

3.1 Dasar Teori

     Dalam kegiatan prakerin yang dilaksanakan 3 bulan, mulai tanggal 1 Februari 2016 s/d 30 April 2016 di Boss Notebook, sangat banyak hal yang kami lakukan. Dengan adanya kegiatan ini, semoga kami mendapatkan pengalaman serta wawasan dalam dunia usaha.

     Semoga dengan kegiatan ini, akan memberikan manfaat setelah lulus nanti. Dan semoga juga, ilmu yang kami dapatkan bisa digunakan dalam dunia usaha nanti.

3.2 Cara Kerja Prakerin di Instansi Terkait

Dalam cara kerja prakerin di instansi terkait, isinya berupa kegiatan yang dilakukan. Jadi, silahkan tulis saja kegiatan yang sekiranya bermanfaat dan dapat menambah pengalaman serta wawasan. Dalam point ini, saya hanya akan memberikan beberapa contoh saja, karena jika saya tuliskan semua akan sangat panjang

» Setting BIOS untuk Instalasi Sistem Operasi

Sebelum melakukan instalasi sistem operasi, maka kita harus mengatur atau men-setting BIOS terlebih dahulu. Berikut adalah cara mengatur BIOS untuk instalasi:

  1. Nyalakan komputer atau laptop
  2. Tekan dengan cepat tombol F2, F8, F10, F11, F12, Esc, atau Del (setiap perangkat caranya berbeda)
  3. Setelah masuk BIOS, sesuaikan urutan booting
  4. Contoh mau booting melalui CD-ROM Drive, maka posisikan CD-ROM Drive paling atas pada menu boot
  5. Jika sudah, silahkan Save dan Exit

Setelah cara diatas dilakukan, maka komputer atau laptop akan secara otomatis booting melalui CD-ROM Drive yang telah disetting untuk boot.

» Cara Cek Kondisi Hardisk

Untuk mengetahui kondisi hardisk, maka kita bisa menggunakan Hardisk Sentinel untuk mengeceknya. Berikut ini adalah cara mengetahui kondisi hardisk dengan hardisk sentinel:

  1. Unduh dan install aplikasi Hardisk Sentinel
  2. Buka aplikasinya
  3. Jika pada performance dan health masih 100%, maka kondisi hardisk masih baik dan layak dipakai
  4. Selesai

Itu hanya beberapa kegiatan saja yang saya tuliskan. Sebisa mungkin teman-teman menuliskan banyak kegiatan yang dilakukan dalam laporan prakerin yang dibuat. Karena hal ini akan sangat memengaruhi nilai prakerin teman-teman.

H. Contoh Penutup Laporan Prakerin


BAB IV PENUTUP

4.1 Kesimpulan

     Setelah melakukan kegiatan prakerin ini, sangat banyak pengalaman dan ilmu pengetahuan yang kami dapatkan. Jika di sekolah kita diajarkan berbagai macam teori, maka saat prakerin kita diajarkan untuk praktik.

     Pada intinya, kegiatan ini sangat berguna untuk mengembangkan apa yang diajarkan di sekolah. Prakerin merupakan pelengkap untuk mematangkan siswa agar siap terjun ke dunia usaha.

4.2 Saran

     Kami sadar, masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan prakerin ini. Namun, kami telah memberikan yang terbaik dalam pelaksanaannya. Selain itu, laporan prakerin ini juga masih jauh dari kata sempurna.

     Oleh karena itu, saran yang membangun akan sangat kami perlukan untuk memperbaiki laporan yang masih belum sempurna ini.

DAFTAR PUSTAKA

Jika teman-teman mengutip sebuah kalimat dari internet atau buku dalam laporan prakerin yang dibuat, maka tuliskan sumbernya di daftar pustaka.

Itulah contoh laporan prakerin yang dapat saya bagikan. Semoga semua yang saya tuliskan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Oh ya, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman seperjuangan jika artikel ini dirasa bermanfaat.
Charis Fitriyanto

Jika tulisan di blog ini jelek, mohon harap maklum ya. Saya bukan penulis, hanya sekadar bocah ingusan yang pengen bisa menulis.

Berlangganan artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "Contoh Laporan Prakerin Lengkap dengan Pembahasan"

Makasih kak, sangat bermanfaat untuk referensi penyusunan laporan prakerin.

Komentari