Dari Mana Blogger Mendapatkan Uang? - Charis Fitriyanto

12 Juli 2018

Dari Mana Blogger Mendapatkan Uang?

Dari Mana Blogger Mendapatkan Uang
Ngeblog merupakan aktivitas yang banyak dilakukan saat ini. Entah itu hanya sekadar hobi saja, atau bisa juga sebagai sumber penghasilan utama. Apakah kalian tahu kalau blog bisa menghasilkan uang? Lalu, dari mana sumber penghasilan para blogger?

Nah, bagi yang masih belum tahu dari mana blogger mendapatkan uang, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskannya. Hal ini berlaku untuk semua platform blog ya, entah itu WordPress atau Blogger.

Sumber Penghasilan Blogger

Blogger merupakan seseorang yang menulis artikel di blog. Menulis tentu butuh tenaga dan pikiran. Selain itu juga butuh modal lain seperti internet dan laptop. Oleh karena itu, para blogger juga ingin mendapat hasil dari apa yang telah dilakukan. Nah, berikut ini adalah beberapa sumber penghasilan blogger.

1. Pasang Iklan

Memasang iklan merupakan cara paling populer untuk menghasilkan uang dari blog. Terdapat dua jenis atau pilihan yang dapat dipilih. Pertama adalah Advertising Network dan yang kedua Direct Advertising. Masing belum paham?

Advertising Network merupakan jaringan periklanan yang menghubungkan antara pengiklan dengan pemilik blog. Untuk mengikuti program ini, maka kita harus mendaftar terlebih dahulu sebelum memasang iklan. Salah satu contoh program ini adalah Google AdSense.

Direct Advertising merupakan sebuah metode menawarkan secara langsung kepada pengiklan untuk memasang iklan di blog kita. Cara ini lebih sulit daripada Advertising Network karena kita harus mencari pengiklan yang mau memasang iklan di blog kita.

2. Review

Yang kedua adalah review. Jadi, kita akan mendapatkan imbalan berupa uang dengan cara mereview produk atau jasa seseorang di blog kita. Metode ini hampir sama dengan Direct Advertising. Perbedaannya kalau review iklannya berupa artikel, sedangkan direct advertising iklannya berupa banner.

3. Jual Produk

Ketika kita sudah memiliki produk sendiri, maka kita bisa memanfaatkan blog untuk mempromosikannya. Jadi, blog kita digunakan layaknya toko online seperti Tokopedia atau Bukalapak. Intinya, blog yang kita miliki difungsikan sebagai tempat promosi.

4. Afiliasi

Afiliasi merupakan sebuah program periklanan dimana kita membantu mempromosikan produk atau jasa milik orang lain. Setiap ada produk yang terjual, maka kita akan mendapat komisi dari penjualan tersebut. Metode ini sangat cocok untuk yang belum memiliki produk ataupun jasa sendiri.

5. Masih Banyak

Masih banyak sekali sumber penghasilan blogger yang lain. Intinya, kalau kita tekun dan mau mencari peluang penghasilan dari blog, maka akan mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel Mas Sugeng berikut: Cara Menghasilkan Uang dari Blog.
Charis Fitriyanto

Jika tulisan di blog ini jelek, mohon harap maklum ya. Saya bukan penulis, hanya sekadar bocah ingusan yang pengen bisa menulis.

Belum Ada Komentar untuk "Dari Mana Blogger Mendapatkan Uang?"

Komentari