Situs Al-Qur'an Terjemahan Bahasa Indonesia - Charis Fitriyanto

17 Juli 2018

Situs Al-Qur'an Terjemahan Bahasa Indonesia

Situs Al-Quran Online Terjemahan Indonesia

Al-Qu'ran merupakan kitab suci sekaligus sumber hukum utama bagi umat Islam. Al-Qur'an berisi tentang wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Al-Qur'an tidak langsung jadi 30 juz, melainkan turun secara berangsur-angsur.

Ketika kita membaca satu huruf Al-Qur'an, maka kita akan mendapatkan satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. "Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya." (HR. At-Tirmidzi).

Pada zaman modern seperti saat ini, sudah banyak tersebar berbagai macam bentuk Al-Qur'an, ada aplikasi dan ada juga situs website. Bagi yang sering lupa bawa Al-Qur'an ketika bepergian, situs ini mungkin bisa menjadi alternatif untuk Anda. Cukup dengan modal koneksi internet, Anda sudah bisa membaca Al-Qur'an melalui situs tersebut.

Situs Website Al-Qur'an Bahasa Indonesia

Saya sempat membaca sebuah artikel dari Rumaysho.com yang berjudul "Lebih Besar Pahala Baca Al-Qur'an lewat Mushaf dibanding Handphone", jika penasaran, silahkan langsung baca artikelnya disini. Dalam artikel tersebut membahas sesuatu yang pada intinya, membaca Al-Qur'an lewat mushaf lebih besar pahalanya daripada membaca Al-Qur'an lewat HP, baik dari aplikasi atau dari situs web.

Namun, bukan berarti membaca Al-Qur'an lewat HP tidak dapat pahala. Dari artikel tersebut juga terdapat kalimat seperti ini, "Syaikh Muhammad Musa Alu Nashr hafizahullah menjelaskan bahwa kalau ada mushaf Al-Quran tetap lebih utama membaca Al-Qur’an lewat mushaf dibanding lewat aplikasi dalam handphone." Wallahu A'lam.

Dengan adanya aplikasi ataupun situs Al-Qur'an, setidaknya kita menjadi tetap bisa membaca Al-Qur'an ketika lupa membawa Al-Qur'an. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak membaca Al-Qur'an. Siapa sih sekarang yang tidak punya HP untuk internetan? Pasti semua punya lah, kemanapun selalu dibawa dan tidak pernah lupa. Nah, agar lebih bermanfaat, gunakan HP tersebut untuk membaca Al-Qur'an.

The Noble Al-Qur'an (Quran.com) Situs Al-Qur'an Bahasa Indonesia

Quran.com merupakan situs Al-Qur'an Online yang banyak digunakan. Dalam situs ini terdapat 30 juz Al-Qur'an lengkap beserta terjemahannya. Untuk terjemahannya bisa dikatakan lengkap dan menggunakan bahasa yang banyak digunakan, termasuk bahasa Indonesia. Untuk tampilan situsnya adalah seperti gambar di bawah ini.

Al-Quran Online

Dengan situs ini, kita bisa membaca Al-Qur'an dengan tulisan beserta arti yang jelas. Untuk kita orang Indonesia, terlebih dahulu kita harus mengganti bahasa default dari situs ini karena bahasa awalnya adalah bahasa Inggris. Untuk menggantinya cukup mudah, pada pojok kanan atas silahkan ganti bahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia.

Kita bisa menggunakan situs ini ketika tidak membawa mushaf Al-Qur'an. Situs ini sangat user friendly, kita dapat dengan mudah mengakses dan memahami berbagai menu yang ada. Selain itu, situs ini juga sangat mobile friendly dalam artian bisa diakses dengan baik walaupun menggunakan perangkat mobile.

Oh ya, selain Al-Qur'an beserta terjemahannya, kita juga bisa memutar murottal dari Mishary Rasyid. Kita bisa memanfaatkan ini jika ingin menirukan gaya murottal Syekh Mishary. Untuk memutarnya sangat mudah, kita tinggal menekan tombol Play di samping kiri. Jika kurang jelas, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Situs Quran Online

Ketika membuka situs ini, kita akan langsung dihadapkan dengan daftar surah dalam Al-Qur'an. Kita bisa langsung memilih surah yang ingin dibaca. Pokoknya, situs ini sangat bermanfaat menurut saya. Semenjak tahu situs ini, waktu online saya jadi lebih bermanfaat. Awalnya saya online cuka sekadar menulis artikel + browsing saja, namun sekarang ada hal baru lagi yaitu membaca Al-Qur'an secara online.

Nah, mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan. Ayo, gunakanlah waktu online kita untuk hal yang bermanfaat, salah satunya membaca Al-Qur'an melalui situs website. Daripada membaca status mantan, lebih baik membaca Al-Qur'an kan, lebih bermanfaat.
Charis Fitriyanto

Jika tulisan di blog ini jelek, mohon harap maklum ya. Saya bukan penulis, hanya sekadar bocah ingusan yang pengen bisa menulis.

Berlangganan artikel terbaru via email:

Belum Ada Komentar untuk "Situs Al-Qur'an Terjemahan Bahasa Indonesia"

Komentari