Inilah Keuntungan Menjadi Seorang Blogger - Charis Fitriyanto

27 Juni 2018

Inilah Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

Saya mengenal blog sejak tahun 2012, namun baru ikut bergabung menjadi blogger tahun 2014. Saat itu, saya diajari teman saya membuat blog gratis di MyWapBlog. Kenapa memilih MyWapBlog? karena saat itu, saya sama sekali belum punya laptop ataupun komputer, jadi mau tidak mau harus memilih blogging platform yang mudah dikelola melalui ponsel.

Setelah berjalan selama beberapa bulan, saya iseng-iseng membuat blog melalui Blogspot dengan tujuan menulis apa yang dipelajari saat sekolah, khususnya mengenai materi kejuruan. Awalnya, saya hanya membuat artikel ketika sedang praktik di lab saja. Namun lama-kelamaan saya menjadi ketagihan dengan Blogspot, sampai-sampai sering pergi ke warnet hanya untuk membuat artikel saja.

Awal tahun 2015 saya sudah malas ngeblog dan semua blog saya tidak terurus. Pada tahun 2016, saya membuat blog baru dengan harapan bisa serius, kebetulan saat itu saya sudah punya laptop sehingga bisa lebih konsisten dalam membuat artikel. Selama satu tahun, saya hanya berhasil membuat 200+ artikel dan visitornya cuma 5k+/hari, dan saat ini blognya sudah saya jual.

Keuntungan Menjadi Blogger

Saat ini, saya hanya punya beberapa blog saja, salah satunya yang sedang Anda baca ini. Ketika menjadi blogger, sangat banyak pengalaman yang saya dapatkan, baik pahit maupun manisnya. Jujur, yang paling sulit ketika menjadi blogger adalah menghilangkan rasa malas ketika menulis. Karena sampai saat ini, saya sendiri masih sering molor waktu ketika membuat artikel, entah itu ditinggal nonton Youtube atau buka Sosmed.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi sedikit mengenai keuntungan menjadi blogger yang saya rasakan. Memang banyak sekali manfaat menjadi blogger, khususnya untuk pelajar. Selain untuk menulis materi pelajaran, bisa juga digunakan untuk berbagi hal bermanfaat kepada orang lain. Baiklah, berikut ini adalah beberapa keuntungan menjadi blogger.

#Jadi Bisa Menulis

Menulis merupakan makanan sehari-hari pelajar ketika sekolah, namun, menulis di sekolah dengan menulis di blog ternyata berbeda. Ketika menulis di sekolah, mungkin tinggal menyalin tulisan yang ada di papan tulis. Tapi kalau menulis di blog, kita tidak boleh seenaknya menyalin tulisan orang lain tanpa mengubahnya (copas), apalagi tidak memberikan link sumber.

Tapi jangan khawatir, walaupun awalnya sulit untuk merangkai kata-kata, lama kelamaan akan terbiasa dan menjadi lebih mudah ketika membuat artikel, percaya deh! Saya dulu juga begitu, membuat artikel satu saja membutuhkan waktu lebih dari 4 jam, bahkan ada yang sampai berhari-hari. Kalau saat ini ya alhamdulillah sudah ada sedikit peningkatan, walaupun tulisan saya masih tetap belum bagus.

#Jadi Rajin Membaca

Salah satu kunci seorang blogger mahir membuat artikel adalah rajin membaca. Sadar atau tidak sadar, kita akan menjadi lebih sering membaca ketika menjadi blogger. Ini yang saya alami sampai saat ini, dulu saya sangat malas membaca (kecuali membaca status Facebook ya), tapi sekarang menjadi rajin membaca (rajin membaca status Facebook maksudnya).

Ini serius loh, saya benar-benar jadi rajin membaca setelah menjadi blogger. Salah satu situs yang sering saya kunjungi saat ini untuk sekadar membaca adalah Mojok.co. Mojok.co sendiri merupakan sebuah situs yang menyajikan konten yang fresh, baik dari artikel maupun gambarnya. Mojok.co memiliki slogan pada situsnya yaitu "Sedikit Nakal Banyak Akal". Silahkan kunjungi saja, pasti Anda akan ketagihan untuk kembali lagi.

#Punya Banyak Teman

Ketika menjadi blogger, kita pasti akan semakin penasaran dan akhirnya masuk ke sebuah grup blogger untuk mencari tahu apa yang belum diketahui. Dalam grup tersebut, kita akan bertemu dengan blogger-blogger lainnya, baik yang sudah mahir maupun yang masih belajar. Keuntungan masuk di grup blogger adalah bisa berkenalan dengan sesama blogger.

Ketika ada sebuah pembahasan menarik, pasti banyak yang nimbrung komentar, mungkin kita juga ikutan. Dalam kondisi inilah kita akan menjadi lebih akrab dengan blogger lainnya dan akhirya saling kenal. Blogwalking merupakan kegiatan yang akan menambah keakraban kita dengan blogger lain, karena semua blogger akan saling mengunjungi blog blogger lainnya (biasanya ada yang membuka thread minta blogwalking).

#Bermanfaat untuk Orang Lain

Ketika menulis di blog, kita pasti punya tujuan untuk berbagi kepada orang lain. Kita bisa berbagi apa saja yang kita bisa, semisal ada kemampuan untuk membuat puisi, ya buat saja puisi lalu share ke grup puisi, pasti banyak yang baca. Kalau ada kemampuan memperbaiki sesuatu, tulis saja di blog, karena artikel dengan topik how to sangat banyak dicari.

Ketika artikel kita dibaca dan membantu orang lain untuk menyelesaikan suatu masalah, maka bisa dikatakan kalau artikel tersebut bermanfaat. Kalau pada blog disediakan kolom komentar, biasanya akan banyak yang mengucapkan terima kasih. Hal inilah yang akan membuat semangat kita sebagai blogger semakin bertambah, setiap ada komentar terima kasih senang banget rasanya!

#Dikenal Orang Lain

Blogger yang artikelnya sering muncul di Google, pasti banyak dikenal orang lain, meskipun blogger tersebut tidak kenal dengan orang yang membaca artikelnya. Terkadang, ada yang sampai menuliskan pesan perkenalan melalui kontak blog. Ada juga yang minta kontak sosial media seperti WhatsApp, Facebook, atau sosial media lainnya.

Bukan hal yang mustahil bisa terkenal melalui blogger, apalagi artikel yang disajikan selalu memberikan manfaat. Kalau Anda seorang blogger, pasti tidak asing lagi dengan nama Mas Sugeng, karena ketika mencari tutorial cara membuat blog, artikel Mas Sugeng termasuk salah satu yang muncul di halaman pertama. Inilah salah satu contoh orang yang terkenal melalui blogger.

#Bisa Dapat Uang

Sudah tahu kan kalau blog bisa menghasilkan uang? Jika belum, silahkan searching di Google dengan keyword "kisah sukses Eka Lesmana". Jika sudah membaca, sekarang giliran Anda yang praktik dan membuktikan bahwa blog bisa menghasilkan uang. Untuk tutorialnya, di Google sangat banyak yang share, tinggal action dan jangan putus asa.

Ketika sudah menghasilkan uang dari blog, maka itu merupakan poin tersendiri. Terlebih ketika Anda adalah seorang pelajar, lumayan kan bisa menambah uang saku. Bahkan, banyak yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama yang per bulannya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta, wow wow. Kalau saya sendiri sih masih ratusan (ratusan rupiah maksudnya :D).

#Masih Banyak Lagi Keuntungan Menjadi Blogger

Sangat banyak yang bisa didapatkan ketika kita menjadi seorang blogger. Yang saya tuliskan ini hanyalah sebagian kecil saja. Oh ya, bagi Anda yang masih pelajar, gunakan blog untuk membackup materi-materi sekolah Anda, karena saya yakin semua itu akan bermanfaat nantinya, baik untuk pribadi maupun orang lain.
Charis Fitriyanto

Jika tulisan di blog ini jelek, mohon harap maklum ya. Saya bukan penulis, hanya sekadar bocah ingusan yang pengen bisa menulis.

Berlangganan artikel terbaru via email:

Belum Ada Komentar untuk "Inilah Keuntungan Menjadi Seorang Blogger"

Komentari